Tausiah Keagamaan-Akhlak yang Mulia: Turut Berduka (3) Perintah Allah untuk Membantu yang Lemah

BAGIKAN:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

Turut berduka cita dalam harta diwujudkan dalam bentuk memberikan sesuatu yang bersifat materi kepada mereka yang mengalami kerukurangan, seperti fakir miskin, dan orang-orang yang menanggung utang, mereka yang ditimpa musibah. Memberikan sesuatu yang bersifat materi kepada mereka sangat dianjurkan di dalam agama, bahkan merupakan sebuah kewajiban agama, seperti menunaikan zakat, dan sangat dianjurkan agama dalam bentuk sadakah. Allah swt menyatakan dalam QS. Al-Layl [92]: 5-7:

فَأَمَّا مَنۡ أَعۡطَىٰ وَٱتَّقَىٰ ٥ وَصَدَّقَ بِٱلۡحُسۡنَىٰ ٦ فَسَنُيَسِّرُهُۥ لِلۡيُسۡرَىٰ ٧

  1. Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, 6. dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (syurga), 7. Maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.

Tiga ayat ini menggambarkan bahwa orang-orang yang suka memberi atau berbagai kepada orang lain, baik dalam bentuk materi ataupun non-materi, yang didasarkan pada iman yang tulus dan ketkawaan kepada Allah, tanpa mengharapkan pujian, sanjungan, atau pamrih dalam beramal, dengan keyakian adanyanya pahala yang sangat baik yang didapatkan di akhirat nanti, akan mendapatkan jalan yang mudah dari Allah dalam segala urusan dan tujuannya.

Di adalam ayat 17-21 dari QS. Al-Layl [92] Allah menyatakan:

وَسَيُجَنَّبُهَا ٱلۡأَتۡقَى ١٧ ٱلَّذِي يُؤۡتِي مَالَهُۥ يَتَزَكَّىٰ ١٨ وَمَا لِأَحَدٍ عِندَهُۥ مِن نِّعۡمَةٖ تُجۡزَىٰٓ ١٩ إِلَّا ٱبۡتِغَآءَ وَجۡهِ رَبِّهِ ٱلۡأَعۡلَىٰ ٢٠ وَلَسَوۡفَ يَرۡضَىٰ ٢١

  1. dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari neraka itu, 18. yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya, 19. Padahal tidak ada seseorangpun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya, 20. Tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridhaan Tuhannya yang Maha tinggi. 21. dan kelak Dia benar-benar mendapat kepuasan.

Ayat-ayat di atas menggambarkan bahwa orang-orang yang bertakwa yang selalu memberi dan berbagi itu akan dijauhkan oleh Allah dari siksaan api neraka. Orang-orang yang suka memberi dan berbagi itu adalah orang-orang yang senantiasa memberi dan berbagi kepada orang lain untuk membersihkan diri dan hartanya. Nikmat-nikmat Allah yang diberikan dan dibagikannya sebagai tanda syukur atas nikmat Allah akan mendapatkan balasan yang lebih besar di hari kiamat nanti. Mereka melakukan itu tidak lain, hanya semata-mata karena untuk mendapatkan ridha Allah swt. Mereka yang seperti itu juga akan mendapatkan kemudahan tidak hanya di dunia, tetapi kelak di hari kemudian akan merasa senang dengan balasan yang diperolehnya.

Ahmad Thib Raya

Jakarta, 2 April 2021