Ramadhan Bulan yang Agung dan Mubarak

BAGIKAN:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

Dari dua uraian yang lalu dapat disimpulkan bahwa bulan Ramadan memiliki beberapa keistimewaan:

1. BULAN PEMBAKARAN DOSA oleh amal ibadah yang dilakukan di dalamnya. Semua dosa yang terjadi atau yang dilakukan setahun sebelumnya, bahkan dosa-dosa yang telah lalu dihapuskan semuanya oleh Allah, kecuali dosa besar.
2. BULAN YANG AGUNG, karena di dalamnya diturunkan Al-Qur’an al-Karim, di dalamnya terdapat malam lailatul qadar (malam kemuliaan)
3. BULAN YANG DIBERKATI, karena di dalamnya amal-amal saleh yang dilakukan akan dilipatgandakan oleh Allah nilainya. Suatu amal wajib nilainya ditingkatkan lebih tinggi 70 derajat dibanding amal di bulan yang lain. Suatu amal sunat ditingkatkan nilainya sama dengan satu amal wajib di bulan-bulan yang lain selain Ramadan. Tidur ketika berpuasa adalah ibadah. Mempercepat berbuka adalah sunat, menta’khirkan sahur sunat (ada nilai pahala).
4. BULAN PUASA yang di dalamnya diwajibkan untuk berpuasa. Dalam bulan ini setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Puasa adalah latihan untuk meningkatkan kualitas diri sebagai manusia.
5. BULAN PENYETARAAN, yaitu bulan yang di dalamnya semua kaum muslimin diberikan kewajiban yang sama untuk dilaksanakan di dalam bulan Ramadan, yaitu kewajiban puasa. Dengan puasa setiap orang merasakan lapar dan haus. Kondisi ini adalah kondisi yang umum yang harus dialami oleh manusia mana pun. Dari puasa akan lahir sikap untuk memperhatikan orang-orang lemah, orang-orang yang tidak punya, dan ini mendorong orang yang berpuasa untuk berbagai kepada yang lain yang tidak punya.

[Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, M.A]